London Day 75

Posted: November 29, 2011 in Kim's Journey

28 November 2011, tulisan ini juga bisa ditengok di http://ppilondon.wordpress.com/events/piala-atdikbud-2011/meski-kekurangan-pemain-tim-london-berhasil-boyong-piala-atdikbud-2011/

 

Meski Kekurangan Pemain, Tim London Berhasil Boyong Piala Atdikbud 2011

LEEDS – Saat-saat pertandingan Final Piala Atdikbud 2011, Sabtu (26/11), di The Edge Spots Centre Leeds sudah hampir dimulai. Tetapi personel Tim London belum juga lengkap. Hanya ada 5 pemain saja yang sudah berada di lokasi kompetisi dan siap untuk betanding.

“Mereka adalah saya, Boy, Verdo, Miral, dan Ricky,” ujar salah seorang pemain, Fikri. Seharusnya, setiap tim beranggotakan 10 orang, sehingga dapat saling bergantian bermain saat pertandingan berlangsung. Namun, karena kendala transportasi, 5 orang pemain yang lain masih berada di London dan berusaha untuk secepat mungkin menuju Leeds.

Akan tetapi, pertandingan tidak bisa menunggu lagi. Tim London harus berlaga pada pertandingan kedua atau harus menghadapai konsekuensi diskualifikasi jika menolak bertanding karena alasan kekurangan pemain. Untuk mengatasi situasi sulit itu, akhirnya Tim London bersedia untuk tetap bertanding dengan merekrut pemain tambahan, Aurel. Formasi pun lengkap, tapi mereka harus bermain hanya dengan satu pemain pengganti, yang tentunya akan sangat menguras tenaga.

Lawan pertama yang harus dihadapi Tim London adalah tim tuan rumah, Leeds. “Di babak pertama pertandingan berjalan cepat dan tidak terkontrol walaupun penguasaan bola ada di pihak Tim London,” kata Fikri. Saat babak kedua berlangsung, tidak banyak perubahan yang terjadi. Masing-masing tim masih bertahan tanpa gol, hingga akhirnya pluit akhir ditiup. Pemenang pertandingan ini harus ditentukan dengan adu penalti. Hasilnya Tim London berhasil memasukkan 3 gol dari 5 kali kesempatan menembak dan Tim Leeds hanya mampu menjaringkan 2 gol dari 4 kesempatan. Tim London menang dengan point 3-2.

Beranjak ke pertandingan selanjutnya, kali ini Tim London melawan Tim Manchester-2. Kali ini pertandingan berlangsung alot, dengan lebih banyak tackle daripada pertandingan sebelumnya. Akan tetapi, usaha kedua tim tidak ada yang membuahkan hasil hingga menit terakhir pertandingan. Lagi-lagi pemenang harus ditentukan dengan adu penalti. Beruntung, Tim London berhasil menekuk Tim Manchester-2 dengan score 4-3.

Di pertandingan ketiga, situasinya menjadi lebih sulit. Stamina Tim London mulai terkuras karena kekurangan pemain dan mereka harus menghadapi Tim Manchester-1 yang merupakan pemenang Piala Atdikbud tahun 2009. Selain itu, lapangan yang digunakan pada pertandingan final ini berbeda dengan lapangan pada saat penyisihan di Birmingham. Kali ini lapangan yang digunakan bukan lapangan rumput namun seperti lapangan basket dengan lantai kayu. Hal ini tentunya membuat kondisi lapangan lebih licin dan bola sulit dikontrol.

Pertandingan pun dimulai. Kedua tim sama-sama tidak mau memberikan kemenangan untuk lawannya. Perebutan bola yang sengit di sisi tengah lapangan tidak bisa terelakkan. Beberapa kali Tim Manchester-1 menembak dari sudut-sudut sempit, tapi usaha mereka selalu digagalkan oleh pemain Tim London. Hingga menit-menit terakhir babak pertama, kedua tim masih belum berhasil mendapatkan angka. Hingga akhirnya, Miral mendapatkan kesempatan dari sisi luar kotak penalti dan sekuat tenaga menendang bola yang berada di kakinya. Bola itupun melesat menembus ruang kosong di sisi kanan penjaga gawang dan gol pun tercipta. Score sementara 1-0 untuk Tim London.

Pada babak kedua, Tim Manchester-1 yang sudah ketinggalan satu angka justru semakin menaikkan tempo pertandingan. Serangan demi serangan mereka bangun, hingga tanpa disangka bola bersarang di Tim London. Namun, wasit menganulir gol tersebut karena bola ditendang langsung dari posisi out tanpa menyentuh pemain terlebih dahulu. Kedudukan masih 1-0 untuk Tim London.

Menjelang akhir babak kedua, eja yang berhasil mendapatkan bola dari perebutan sengit dengan pemain dari Tim Manchester, meneruskan bola yang didapatkannya itu kepada Miral. Lagi-lagi tendangan Miral kali ini membuahkan hasil. Bola itu melesat diantara dua pemain dan masuk ke gawang lawan. Tim London akhirnya meraih kemenangan dengan score 2-0. Pertandingan inilah yang mengantar Tim London untuk mendapatkan Piala Atdikbud 2011.

Piala Atdikbud sendiri merupakan kegiatan kompetisi olahraga tahunan yang diselenggarakan oleh PPI UK dengan dukungan dari pihak KBRI. Kompetisi ini diikuti oleh masyarakat dan pelajar Indonesia yang tersebar di berbagai kota di Inggris. Sampai saat ini, Piala Atdikbud adalah salah satu kompetisi yang bergengsi diantara masyarakat dan pelajar Indonesia di Inggris. (rosyid nurul hakiim)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s