London Day 13

Posted: October 10, 2011 in Kim's Journey
Day 13
Ini kisah saya menjelajah Trafalgar yang masuk ke Koran Republika. Terima kasih teman-teman di Jakarta sana.
Sabtu, 08 Oktober 2011 pukul 14:30:00

AHAD PAGI DI TRAFALGAR

Oleh Rosyid Nurul Hakiim
Ketua Persatuan Pelajar Indonesia (PPI) London

Trafalgar memang layak menjadi titik pertama sebelum menjelajahi London.

Ahad (25/11) itu, matahari sedang bersahabat dengan para wisatawan yang sedang ber -kunjung ke Trafal -gar Square. Sesekali awan mendung menutupi terangnya, tetapi segera hilang tertiup angin yang segera membawa musim gugur di London.

Waktu baru menunjukkan pukul 11.00, tetapi lapangan utama di tengah Kota London itu sudah dipadati orang-orang dengan beragam aktivitasnya. Sebagian besar dari mereka tentu saja wisa -tawan asing. Hal ini dengan cepat bisa dikenali dari bahasa yang mereka gunakan dan wajah-wajah kagum yang terpancar. Bagi warga London, tempat ini juga bisa dijadikan lokasi berkumpul atau bere -kreasi.

Lumrah jika Trafalgar Square menjadi salah satu daya tarik wisata di London. Bahkan, bisa dikatakan, tempat ini harusnya menjadi titik pertama sebelum menjelajahi lokasilokasi lain yang menjadi Kota Metropolitan itu. Karena dari tempat ini, para wisatawan bisa sekilas melihat Big Ben yang terkenal dan London Eye yang berupa bianglala besar. Perja -lanan menuju dua tempat ikonik itu bisa ditempuh dengan berjalan kaki selama 10 sampai 15 menit saja.

Berada di satu lokasi dengan Trafalgar Square, wisatawan bisa mengunjungi Mu seum National Gallery. Tidak dibutuhkan biaya sama sekali un -tuk masuk ke museum lukis -an ini. Tapi, jika mengingin -kan bantuan pemandu atau rekaman panduan, harus bersedia membayar.

Secara umum, Trafalgar Square hanya berupa tanah lapang dengan beberapa aksesori yang menghiasinya. Di tengahnya menjulang tinggi Nelson’s Column, sebuah monumen tempat pa tung seorang pejuang. Dia adalah Admiral Horatio Nelson yang meninggal saat perang Trafalgar pada 1805. Di sekeli -ling monumen itu, ditempatkan empat buah patung singa duduk berwarna hitam.

Menengok lebih jauh dekorasi Trafalgar Square, ada dua buah kolam lengkap dengan air mancur. Di sekeliling lapangan juga terdapat patung-patung orang ternama di London. Ke -indahan dekorasi lapangan ini bisa menjadi tempat yang cocok untuk berfoto bersama temanteman dan keluarga. Titik yang paling sering dijadikan tempat berfoto adalah di patungpatung singa gagah yang seolah menjaga monumen.

Dalam kalender tahunan, lapangan ini biasa digunakan untuk perayaan-perayaan besar, seperti perayaan tahun baru atau parade perayaan keme -nangan sekutu melawan Nazi. Selain itu, karena letaknya yang di pusat kota, tempat ini sering juga digunakan sebagai lokasi demonstrasi.

Cukup mudah untuk menjangkau Trafalgar Square ini. Transportasi umum di London bisa sangat diandalkan. Cukup sediakan uang untuk membeli tiket sekali jalan atau bagi yang sudah memiliki Oyster Card, silakan diisi sesuai kebutuhan. Oyster Card adalah kartu transportasi yang bisa digunakan untuk segala moda transportasi. Kartu ini bisa diisi ulang sesuai kebutuhan.

Street performance
Tidak hanya menikmati keindahan bangunan atau isi museum, wisatawan juga bisa menyaksikan para penghibur jalanan yang sedang beraksi. Kebetulan, pada Ahad itu ada dua tontonan yang menarik.

Pertama adalah aksi master yoga. Pria kulit hitam dengan baju kuning ketat dan corak kotak-kotak hitam mencoba menarik penonton dengan lagulagu Michael Jackson sambil dia membentangkan tali merah untuk membuat ruang bagi dirinya beraksi. Mikrofon pun diambil, pria itu kemudian memperkenalkan diri sebagai salah seorang ahli dalam yoga dan sudah mempraktikkan hal itu selama bertahun-tahun.

Sajian kedua adalah Ernest The Magnifico. Pria asal Aus -tralia itu mengibur para penonton dengan candaan-candaan kocaknya. Bahkan, dia sangat agresif untuk menarik penonton. Headset dipasang di kepa -la, lalu dia berjalan dengan be -bas mengajak wisatawan untuk menyaksikan aksinya. “Hei kamu yang di sana, sini-sini, injak tali merah ini di sini,” ajak Ernest kepada pengunjung yang sedang berlalu-lalang.

Selain dua sajian utama itu, di sekitaran lapangan juga tam -pak seorang wanita yang ber -dandan dengan pakaian Inggris zaman dahulu dan seluruh tubuh dan pakaiannya dibalur dengan warna emas. Dia berlagak seperti patung. Tidak jauh dari wanita itu, ada dua orang yang menggambar berbagai macam bendera dengan kapur berwarna. Itulah cara mereka menyebarkan cinta dan perdamaian, atau setidak nya begi -tulah yang tertulis di lokasi tempat mereka menggambar.

Bagi pengunjung yang ingin menggambar bendera, tinggal meminta saja pada mereka. Trafalgar Square memang men jadi pusat ekspresi pendu -duk London. Baik pendatang maupun penduduk lokal, semua bebas melakukan apa saja asal -kan tidak merugikan orang lain. Bagi mereka yang pertama kali mengunjungi tempat itu, tentu saja bisa terhibur dengan berbagai atraksi dan kegiatan yang ada. ed: darmawan sepriyossa

Advertisements
Comments
  1. duy says:

    Waah beda emang ye kalo wartawan mah langsung nulisss berhari-hari. Gue berencana buat journal day to day, tapi apa daya, blog baru satu terupload. Yang lain masih dalam angaaan sajjaaaahh 🙂

    Semoga bisa ketularan banyak nulis ya om Hakiiim 🙂

    Nice blog btw, keep writing.

    • rosyidhakiim says:

      Dear duy,

      Hahahaha ini mah gak bisa dibilang karya wartawan, cuma coret2an aja, biar gak lupa dengan apa yang terjadi di London sini. Tetap semangat menulis ya…

  2. ZiE says:

    kim lebih menarik klo di tulisannya ada juga capture image dari tulisannya kim , jadi bisa lebih tervisualisasi saat membaca :), keep posting om…

  3. lianti says:

    Hi,(I don’t know what suppose to call u, may be Kim?)
    I’m Lianti,Indonesian. I had read your blog. Really nice post.
    Boleh sya minta bantuannya Kim?. Sya ad offering job di londong, sya ingin tau dlu qualifikasi dri employer saya.
    Bsa sya minta email anda Kim.
    Trimakasih banyak.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s