London Day 18-19

Posted: October 3, 2011 in Kim's Journey

Day 18 to 19

Blackout day, 1 Oktober 2011 – 2 Oktober 2011. Blackout yang saya tulis disini bukan berarti mati lampu yang sudah jadi langganan di Indonesia lho. Tapi lebih pada terputusnya komunikasi karena menghilangnya koneksi internet di kamar asrama saya.

Tidak pernah dibayangkan sebelumnya, bagaimana internet sepertinya merenggut separuh jiwa manusia. Dulu, siapa yang kenal diinternet. 10 tahun lalu, hal yang satu ini masih dianggap mewah, karena biaya yang mahal dan harus adanya suatu alat khusus yang dipakai untuk menerima sinyal internet. 5 tahun yang lalu, meski sudah mulai dikenal dan menjadi umum dikalangan masyarakat, tapi akses ke internet masih terbatas. Orang-orang masih harus pergi ke warung internet (warnet) untuk menikmati dunia melalui layar 15 inchi dan ruangan sempit.

Teknologi kemudian berkembang. Mulai bermunculanlah telepon genggam yang memiliki fasilitas koneksi internet. Setiap perusahan jaringan telekomunikasi berlomba menawarkan koneksi internet murah. Hingga akhirnya promosi itu sampai pada pemasangan koneksi internet di rumah-rumah dengan model langganan yang bervariasi.

Waktu berlalu, tahun berganti, sekarang orang-orang sepertinya susah lepas dengan internet. Transaksi bisnis, pengiriman dokumen, kegiatan perbankkan, pertemanan, sampai kegiatan paling narsis sekalipun menggunakan internet. Wabah inilah yang juga menginfeksi saya ketika berada di London. Sebelumnya di Indonesia juga sudah terjangkit sih hehehehe

Kenapa di London infeksinya lebih kronis, karena secara praktis disini saya sendiri di ruangan yang hanya 2,5 x 4 meter, jauh dari keluarga tercinta, dan tidak ada TV. Nah, jadi sudah terbayangkan bagaiman internet ini bisa menghubungkan saya dengan segala hal yang ingin saya tahu di dunia, termasuk di Indonesi. Satu hal lagi yang paling penting adalah internet mengaktifkan Skype saya, dan itu artinya komunikasi dengan istri tercinta di Indonesia.

Ketika internet ini mati mendadak, semua seakan hilang, hening, tidak ada apa-apa. Saya Cuma bisa bengong dan manyun saja. Disini atau lebih tepatnya di Brunel masalah internet ini gampang-gampang susah. Pertama kali untuk mendapatkan koneksi, kita hanya perlu mendaftarkan laptop kita melalui jaringan internet yang sudah disediakan di setiap kamar. Pada dasarnya untuk melakukan ini tinggal klik, klik, klik dan semua sudah secara otomatis berjalan.

Tapi masalahnya, ketika terjadi masalah seperti yang saya alami selama dua hari ini, hal yang otomatis itu tiba-tiba tidak berfungsi. Jurus klik, klik, klik itu tidak membuahkan hasil. Kalau sudah begini tentu harus dibawa ke ahlinya, yaitu orang-orang IT Brunel. Tapi mereka tidak ada pada saat weekend. Akhirnya, saya hanya kembali bengong dan manyun saja, melihat laptop yang selalu gagal terkoneksi internet.

Beruntung saya memiliki telepon genggam yang kebetulan masih mendapatkan koneksi internet gratis dari penyedia jaringan teleponnya. Berita-berita di Indonesia pun masih terpantau, email-email sebagian masih terbaca. Tapi Skype hanya bisa sesekali dan terputus-putus. Masalahnya lagi, jaringan dari kartu GSM yang terpasang di telepn saya itu agak menyebalkan. Di dalam kamar, susah sekali mendapatkan sinyal. Jadi, jika saya ingin terhubung dengan internet, saya harus keluar dan bertahan dengan udara London yang semakin dingin diwaktu malam.

Pelajaran buat saya untuk bisa mengalihkan perhatian dari internet. Sehingga jika hal seperti ini terjadi, kondisi stress bisa dihindarkan. Tapi bagaimana mungkin, jadwal kuliah, bahan kuliah dari dosen, dan semua hal disebarkan melalui internet.  Hmmmm, apakah ini pertanda kita sudah jadi budak internet…hehehehehe

Comments
  1. ZiE says:

    klo lagi mati buat bertapa aja kim :D, sapa tau dapet wangsit hehe… mayan tuh pulang pulang dapet ilmu baru :))

Leave a Reply

