They Wait

Posted: February 14, 2009 in Uncategorized

They Wait
Daya Pikat Hantu Asia

Hantu-hantu Asia tampaknya masih punya daya magnet tersendiri. Setidaknya hantu Asia tetap menarik perhatian para sineas Barat untuk mengangkatnya dalam layar lebar. Sebut saja macam pembuatan ulang film The Ring dengan tokoh Sadako, Ju-On yang digubah menjadi The Grudge atau The Eye yang melibatkan Jessica Alba.

Kali ini Ernie Barbarash, seorang sineas Kanada, mengusung film They Wait dengan kisah mencekam bernuansa Asia. Berbeda dengan film hantu ala Asia lainnya yang merupakan adaptasi ulang, cerita dan skenario film kali ini benarbenar hasil buah kerja keras Trevor Markwart.

Film horor ini bercerita tentang sebuah keluarga campuran, Cina-Amerika, yang sudah tiga tahun tinggal di Shanghai. Namun, sebuah kejadian misterius membunuh Raymond, orang yang membesarkan Jason (Terry Chen), sang suami. Mendengar kabar tersebut, Sarah (Jaime King), sang istri yang orang Amerika dan anaknya Sammy (Regan Oey) pun ikut dengan Jason pergi ke Amerika Utara untuk menghadiri pemakaman pria tua tersebut.

Namun, sejak kedatangan mereka itu, kejadian-kejadian aneh mulai terjadi. Sammy ternyata mempunyai kemampuan melihat arwah. Sebuah bakat yang diturunkan dari Sarah, ibunya. Kejadian aneh itu terjadi juga karena pada saat kematian Raymond bertepatan dengan berlangsungnya Bulan Hantu Lapar –masa yang oleh masyarakat Cina dipercaya sebagai saat dunia hantu dan manusia menjadi satu. Hantu-hantu dan iblis jahat menjadi bebas berkeliaran. Momen itulah yang membuat jiwa Sammy terancam oleh keberadaan seorang hantu gadis bernama Shen Lu yang penasaran mencari tulang belulangnya.

Dahulu ketika Raymond masih muda, dia menjalankan usaha bersama kawan dan istrinya untuk mengirim kerangka imigran Cina di Amerika kembali ke tanah leluhurnya. Ada sebuah kepercayaan bahwa mereka yang tidak dikuburkan di dekat leluhurnya akan selalu penasaran dan menghantui mereka yang masih hidup. Sesuai tagline film tersebut, ‘Mereka akan selalu menunggu untuk memastikan agar masa lalu tidak pernah dilupakan’.

Seperti layaknya film-film horor, untuk membangun suasana mencekam diperlukan efek suara dan tata rias pendukung yang luar biasa. Dari segi suara, film They Wait sudah mampu membuat jantung penonton berdetak kencang. Mulai dari nyanyian-nyanyian sendu sang hantu hingga suarasuara latar yang mengundang suasana tegang. Kemudian dari segi tata rias, meski tidak terlalu mengekspos hantu yang berlumuran darah, justru kehadiran Shen Lu dengan bekas lukanya membuat kita terperanjat. Sayang, yang justru mengurangi ketegangan film ini adalah beberapa bagian film yang menggunakan efek komputer untuk membuat tokoh iblis pemakan manusia. (kim)

Pemain: Terry Chen, Jaime King
Sutradara: Ernie Barbarash
Durasi: 89 menit
Produksi: Brightlight Pictures

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s