Seven Pounds

Posted: February 14, 2009 in Uncategorized

Keajaiban Angka Tujuh
LEWAT ALUR KILAS BALIK, SANG SUTRADARA MENYIMPAN JAWABAN TEKA-TEKI ITU.

”In seven days, God created the world. In seven seconds, I shattered mine,” ujar Ben Thomas. Dan, angka tujuh mengungkapkan kedigdayaannya untuk Thomas (Will Smith). Sebuah kecelakan yang terjadi sekitar tujuh detik telah merenggut tujuh nyawa termasuk sang istri. Dari kejadian itu, dia kemudian mendedikasikan dirinya untuk membantu tujuh orang dengan segala yang dia punya ––paru-paru, ginjal, sumsum tulang belakang, hati, mata, rumah pantai miliknya, dan terakhir jantungnya.

Semua dia donasikan kepada tujuh orang yang memang benar-benar layak untuk mendapatkan setiap bagian dari dirinya itu. Dia memilih tujuh orang sesuai dengan jumlah korban kecelakaan yang diakibatkan kelalaiannya membuka pesan singkat di ponselnya ketika berkendara bersama sang istri.

Sebelum memutuskan untuk membantu, terlebih dahulu Ben akan mendatangi dan melakukan riset tentang pribadi setiap orang tersebut. Mereka yang layak adalah orangorang yang sedang benarbenar dalam kesulitan.

Demi penebusan dosa pula, Thomas berpurapura menjadi agen audit pemerintah untuk membantu orang lain. Cara itu dia yakini bisa menebus kesalahannya di masa lalu. Namun, di detik terakhir, dia memutuskan untuk bunuh diri.

Misteri
Ide menghadirkan cerita magis di balik angka tujuh sebenarnya terbilang menarik. Namun, sutradara Gabrielle Muccino yang terkesan ingin bermain- main dengan mengungkap misteri sesungguhnya di akhir cerita justru bak menjadi bumerang.

Dengan memakai alur kilas balik, Muccino berniat untuk membuat penonton terpaksa menanti hingga ujung kisah untuk mengetahui jawaban teka teki tersebut.

Alur kilas balik bisa menjadi pedang bermata dua. Di satu sisi, penonton dibuat bertanya-tanya sehingga terus menimbulkan rasa penasaran dan tetap mengikuti film hingga akhir untuk mendapat jawaban.

Dalam film hasil kerja sama kali kedua antara Gabrielle Muccino dan Will Smith ini, keduanya terbilang berhasil memuaskan penonton dengan menjelaskan semuanya di akhir cerita.

Namun, di sisi lain, bagi para penonton yang terbiasa menikmati film berdinamika cepat bakal merasa bosan karena jalan cerita yang lamban dan petunjuk-petunjuk untuk menjawab adegan pembuka film belum juga muncul.

Alhasil, selama hampir satu setengah jam penonton seperti dipaksa untuk mencerna penyebab kenapa Ben Thomas ingin melakukan bunuh diri dan apa sebenarnya masa lalu dia yang kelam itu.

Pada bagian lain, seperti sebuah puzzle, dari awal hingga tiga per empat film berjalan, penonton masih dibuat bertanya-tanya mengapa Ben rela membantu tujuh orang tersebut. Jalan cerita film ini tetap dibuat misterius.

Seperti ketika menceritakan membantu tujuh orang, detail-detail cara Ben membantu orangorang tersebut tidak ditunjukkan sepenuhnya. Detail hanya diperlihatkan saat dia membantu Ezra Turner (Woody Harrelson), seorang pianis buta yang bekerja pada toko daging; Connie Tepos (Elpidia Carrillo), seorang ibu tunggal yang terus mendapat kekerasan dari pacarnya, dan Emily Possa (Rosario Dawson), perempuan penderita gagal jantung.

Detail paling menonjol sangat tampak ketika Ben Thomas membantu Emily Possa. Rasa cinta tiba-tiba tumbuh di antara mereka berdua yang sebelumnya sama sekali tidak saling mengenal.

Sang sutradara hanya memberikan cuplikancuplikan kecil di beberapa bagian film sehingga agak sulit untuk menyatukannya. Barulah di akhir kisah, penonton dapat memahami teka teki itu.

Akhirnya, pada pukul 07.00 malam pula, Ben luluh dengan cinta Emily. Semua teka-teki dari seluruh film hampir semua terungkap dengan kedatangan adiknya. Seven Pounds pun menjadi kisah mengharukan yang dapat diartikan sebagai tujuh beban berat yang harus ditanggung Ben Thomas.  (kim)

Pemain: Will Smith, Woody Harrelson
Sutradara: Gabrielle Muccino
Durasi: 123 menit
Produksi: Columbia Pictures

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s